20 November 2008

Cerita di Sela Liputan Pulau Sebakatan

Ini hanya cerita di sela liputan menuju Pulau Sebakatan aja. Jadi, waktu mau berangkat ke pulau itu, harus melewati perjalanan panjaaaaaaaaaaaaaaaaaang bangettt !!

Tanggal 26 Juni 2008, ketika pukul 07.00 Wita, gw buru2 harus berangkat ke Blue Sky Hotel, coz yang bertugas meliput acaranya Telkomsel di Pulau Sebakatan harus berkumpul di tempat itu. Jadilah gw kayak orang kesetanan…. Sesuai dengan jadwal yang sudah direncanakan, kita para jurnalis yang berjumlah sekitar 30 orang, direncanakan akan meninggalkan Balikpapan dari pelabuhan Semayang pukul 08.00 Wita dengan menggunakan kapal. Kita semua ga tau kapal apa yang akan kita tumpangi?

Tapi, begitu sudah menunjukkan pukul 08.00, Mba Rina selaku CorCom-nya Telkomsel bilang, sepertinya akan diundur, karena gelombang laut sedang tinggi.. jd kita semua diharapkan menunggu sampe siang… dan menunggu sampe gelombang laut kembali normal.

OK la.. akhirnya kita semua duduk2 di lobby hotel sambil ngobrol2 ngalur ngidul ga jelas.. Tapi.. pada saat itu, gw cuma ngobrol ma Mas Firman aja.. yang secara kebetulan dia yang ditugasi dari Kaltim Post untuk meliput di Pulau Sebakatan. Waa… Cucok d klo gitu, hehehe…. Alhasil, gw ngobski2 bareng dia deh..n juga ditambah Ami (fotografernya Tribun Kaltim). Kita ngobrol lumayan lama di lobby.. kira2 ampe jam 1.00 Wita gitu. Tau2, Mba Rina bilang kalo kita semua sebaiknya makan siang dulu… ya sudah.. kita naik bis bersama rombongan lainnya menuju Restoran Bumahai. Makan siang deh kita di situuuuuuuuuuuu… enaknyaaaaaaaa… yuuuuuumyyy !!!!!!!!

Selesai makan siang itu, kita mendapat kabar dari Mba Rina klo ternyata ga semua jurnalis bisa ikut, karena kapal yang akan digunakan untuk menuju Pulau Sebakatan lebih kecil. Gw tadinya
dah seneng juga.. klo gw ga jadi,.. gw bisa istirahat di rumah ato di kamar hotel yang udah disediain ma Mba Rina.. hahahaha.. ^^ Lalu kata Mba Rina, yang ga ikut hanya wartawan radio asal Balikpapan aja. Itu pun gw dikasi tau ma Mas Firman. Ya sudah… gw ikut deh..

Sebelum menuju pelabuhan, semua rombongan sempet mampir di Pasar Inpres Kebun Sayur untuk beli cinderamata. Yang paling antusias ya para wartawan yang berasal dari pulau Jawa, khususnya dari Jakarta. Gw ma Mas Firman ga ikut turun ke pasar entu.. pikir kita.. ngapaaaaaaaeeeeeeeeen ??? mending kita tidur..” kata Mas Firman. Yaudah deh.. kita berdua duduk berdua di bis, dan bobo’ bareng deh.. hehehee..ngeri banget yak.. !!

Kemudian, setelah selesai belanja belanji.. semua rombongan langsung menuju Pelabuhan Semayang dan waktu sudah menunjukkan pukul 15.30 Wita. Ketika sudah sampai di pelabuhan, kita masuk sambil menerobos tumpukan peti kemas.. karena ternyataaaaaaaaaaa.. kapal yang
bakal kita tumpangi itu kapal patrolinya AL. Sempet kaget… tapi ya sudah la…. Mau ga mau harus kita jalanin.. ini kan tugas.. ciyeehh..gaya banget deh gw !!! hehehe ^^.

Langsung deh pun… kita turun satu per satu ke kapal, dan siap untuk memulai perjalanan menuju Pulau Sebakatan yang harus ditempuh selama kurang lebih 8 jam. Selama di kapal.. kita smeua seneng2.. poto2.. cerita2an.. makan2.. Mungkin bisa dibilang 4 jam pertama kita semua masih sehat2.. tapi begitu udah memasuki jam ke 5.. langsung semuanya terdiam.. Yups,.. karena ngantuk.. tapi bukan itu sebenarnya.. kita semua menahan rasa mual, pusing… gw aja langsung menuju kabin, dan tidur di tempat tidur ABK,.. dan ga peduli apa yang terjadi di luar kapal.. hahahaha.. ^^. Ini foto sekilas kegiatan kita selama di kapal…

Sekitar pukul 2.00 Wita dan sudah masuk tanggal 27 Juni 2008, ternyata kapal kita sudah sampi di depan pulau.

Sayangnya.. kapal kita tidak bisa merapat lebih dekat, karena lautnya sangat dangkal sekali. Alhasil, kita harus memanggil beberapa nelayan yang sedang melaut dan posisinya tak jauh dari kapal.. Tau ga, kita harus dibagi beberapa regu untuk bisa sampai di dermaga Pulau Sebakatan. 1 Regu kurang lebih 10 orang. Karena perahu nelayan kapasitasnya sangat terbatas sekali.. sehingga tak mampu untuk memindahkan 30 orang ini menuju dermaga.

Ya udah.. gw dapet regu pertama dan sambil menahan mual, dan pusing,.. gw turun pelan2 ke perahu nelayan entu, bareng Mas Firman juga. Pemandangan saat itu.. bener2 gelaaaaaaap.. karena hampir ga ada sinar lampu dari pulau itu. Gw cuma terdiam di perahu entu dan ditemani suara mesin motor yang menyala… gw bener2 dah ga konsen diajak ngobrol ma siapaun.. pikiran gw.. gimana caranya supaya rasa mual ini hilang?

Tak terasa.. sekitar 10 menitan.. kita dah sampe di dermaga Pulau Sebakatan. Sejenak, rasa mual gw hilang ketika melihat dermaga Pulau Sebakatan… kenapa? Wadooow.. Dermaganyee.. naujubilaa.. tinggi bener yak..?? ga kurang tinggi niy..?? tingginya kira2 2 meteran gitu deh dari perahu.. (silahkan bayangin sendiri..) gw aja bingung gimana naeknya.. hehehe.. Tp ternyata nelayan disana baek2 bener dah.. dia menyerahkan pahanya dan bersedia dijadikan pijakan kaki gw, hehehe.. begitu dah gw injek.. huuppp….gw berhasil naik ke dermaga sembari kedua tangan gw juga ditarik ma nelayan lainnya yang udah siap berdiri di atas dermaga.

Pas udah di atas dermaga.. tiba2 gw kok kaya orang mabok.. jalannya sempoyongan.. Karena pada saat itu, yang bisa gw andalkan hanya Mas Firman doank, gw langsung minta tolong ma dia.. akhirnya.. gw dituntun menyusuri dermaga yang panjangnya sekitar 250 meter. Jadi,.. ya gw sambil dituntun Mas Firman.. eh.. tepatnya bukan dituntun deng.. tp buntut di belakang Mas Firman sambil pegangan lengan kirinya, hehehe..

Pas udah menginjakkan kaki di Pulau Sebakatan yang berpasir putih entu.. dan keadaan saat itu sangat gelap gulita dan penglihatan kita semua hanya dibantu oleh lampu petromax yang dibawa salah satu warga yang menemani kita semua. Kita melewati kebun yang dipenuhi pohon kelapa.. kanan kiri gw terlihat..gelaaaaaaaaap bangetttt..dan gw tetep masih konsen untuk pegangan lengannya Mas Firman jangan sampe terlepas. Kita menyusuri kebon kelapa entu sekitar 500 meter dan berakhir di kediaman Kepala Desa, pak Albar. Sampe di rumah entu.. gw langsung ngincar teh panas supaya perut gw anget… dan lumayan.. rasa mual gw dah berkurang..tapi teteuup.. kepala gw masih muter2 ga karuan… hehehe.. ^^

Selesai ngobrol2 ma pak kades, gw langsung menuju bangunan sekolah yang dikondisikan menjadi tempat penginapan rombongan. Disanatersedia 2 ruangan, dimana di ruangan tersebut dipisah untuk laki-2 dan perempuan. Kita semua juga sudah disediakan sleeping bag untuk tidur. Nyampe di ruangan entu.. gw langsung ambil jatah sleeping bag, dan gw gelar di lantai.. daaaaaaaaan.. gw langsung tiduuuuuuuurrr…

Besok paginya,… jam 08.00 Wita, gw bangun dan langsung disapa ma Mba Rina.. “Lho Nic, katanya mo bangun siang.. Udah, tidur aja dulu… acaranya juga masih dimulai jam 11.00,” katanya.

Tapi gw tetep ga bisa..tidur lagi.. karena sakit semua badan gw euuy..hehehe… Bangun tidur ku terus mandiiii…… hehehe.. tapi pas gw mo mandi.. gw kaget.. buusyyeettt.. panjang bener yak antreannya..??? satu2nya tempat mandi yang nyaman dan aman ya di rumah Pak kades entu.. tapi.. ternyata berlaku hukum Ladies First, hahaha… ^^
Langsung aja gw mandi…tanpa ada muka berdosa karena melangkahi antrean bapak2 yang amat sangat panjaaaaaaaaaaaang,..hahahaha ^^.

Pas masuk kamar mandi.. gw langsung melepas pakaian gw.. tapi begitu gw guyur badan… lho kok? Aer apa’an nih ? ahhhh.. gw masih ga peduli.. dan gw langsung guyur kepala gw dengan amat gembiranyaa… langsung gw tuang shampoo dan kemudian sabun.. tapi begitu gw sabunan.. wuhehe..napa nih? Kok badan gw jd licin banget yak…?? Diguyuyr aer buaknya tambah keset.. malah tambah licin…?? Aernya sempet gw cicipin.. wuiiih… asiiiiiiiiiiiiiiiiin… ternyataaaaaaa… aer laauutttt..!!! Anjriiitt !!!

Hahhhh..pikir gw ya sudah lah.. dah terlanjur.. yang penting gw bisa mandi bersih dan seger.. ga urus.. mo aer laut kek, mo aer tawar kek.. yang penting aer bersih… hehehe^^.

Abis mandi… gw langsung balik ke tempat penginapan.. dan ketemu Mas Firman yang ternyata baru bangun.. ckckckck.. ya sudah.. just ‘say hi’ ajah..

Tepat jam 10.00 Wita acara dimulai sampe akhirnya waktu Adzan Zhuhur memanggil, dan kebetulan juga hari entu hari Jumat, ya akhirnya yang cowok2 pada sholat Jumat deh.. kecuali Dragon (wartawan Samarinda Pos) yang emang Chinese.

Terus… jam 14.00 Wita, kita semua siap2 pulang ke Balikpapan, dan beberapa perahu nelayan juga dah siap untuk mengangkut kita kembali ke Kapal. Akhirnya, gw siap2 dan jalan bareng temen2 yang laen menuju dermaga. Sampe di dermaga, kita sempet duduk2 sebentar, dan poto2 sambil ngobrol2 dengan temen2 yang laen dan masyarakat setempat. Gw sempet takjub dengan keadaan pantai di Pulau Sebakatan. Dimana pada malam hari ga bisa melihat keindahan pantainya.. dan ternyata pas gw berdiri di pinggir dermaga .. gilaaaaaaaaaa….bagus bangeeeeeeeeeeeeetttt…

Selanjutnya, kita semua berjalan menuju ujung dermaga yang menjorong ke laut, dan huuuupp.. kembali loncat ke perahu nelayan yang berada 2 meter di bawah dermaga. Ketika dah di perahu, langsung menuju Kapal yang udah parkir dengan manisnya dan berjarak lebih kurang 300 meter dari dermaga. “Kapal ga bisa merapat ke dermaga, airnya surut” terang salah satu ABK ketika gw tanya.

Ya sudah..ketika semuanya dah di kapal… perjalanan pulang dimulai. Menariknya.. di dalam perjalanan pulang kali ini, gw ga merasa mual sama sekali, tapi justru gw merasa fun banget dan nikmatin banget pemandangan laut yang tenang.. bahkan, kita semua sempat terhibur dengan atraksi sekelompok lumba-lumba ‘liar’ yang berenang di samping kapal kita. Seru juga… dan gw akuin.. gw baru kali ini ngeliat lumba-lumba di laut lepas. Cantik banget.. !!!

Akhirnya, rombongan jurnalis ini merapat di salah satu dermaga kapal nelayan di kawaasan Kampung Baru,Balikpapan pada pukul 22.00 Wita. Sesampainya disana, kita semua langsung menuju bis yang juga udah parkir manis di tepian jalan Kampung
Baru dan membawa kita semua kembali ke Blue Sky Hotel Balikpapan.



Di hotel, kita langsung disambut oleh beberapa jajaran manajemen Telkomsel, dan menuju Island Seafood Restaurant dan menikmati berbagai macam ‘kudapan’ santap malam.

Selesai makan malam..sekitar pukul 01.00 Wita. Lama banget? Yaeyaalaaaaaa… secara abis makan, kita juga ngobrol2 ma temen2 dari Telkomsel juga. Yasudah.. Mba Rina pun langsung membagi jatah kamar. Gw dapet deh 1 kamar.. sendirian pula.. hahaha.. Mas Firman langsung bingung.. “Aku sekamar ma siapa?” katanya. Gw bilang… mendingan dia sekamar ma Dragon aja. Ya sudah.. akhirnya, dia sekamar ma Dragon. Sampai di kamar, gw langsung mandi.. berendam di bath tube pake bubble bath yang banyak.. hahahaha.. ^^. Abis itu.. langsung tiduran sambil nonton tipi..n epon2an ma Thomas. Secara pas malem entu.. Thomas gi agak2 ‘menjengkelkan’..hehehe..^^.

Masih ga bsia tidur juga.. akhirnya gw maen ke kamarnya Dragon,.. dan sambil ngobrol2 ma Mas Firman dan Dragon juga. Tapi, karena gw juga dah ngantuk banget,..akhirnya gw ‘balik
kandang’..dan langsung tidur.. hehehe ^^.

Besok paginya, gw bangun jam 10.00 Wita, dan langsung turun ma Mas Firman buat sarapan. Abis sarapan, gw ma Mas Firman langsung pulang ke rumah masing2 de….

Abis de.. ceritanyaaaaaaaa…. ^^

0 komentar: